Senin, 09 Maret 2009

ALGORITMA SEMUT

Semut memberikan inspirasi terhadap bidang IT


Semut adalah salah satu binatang yang di ciptakan Allah.swt,
Seperti Gambar di samping mendeskripsikan bahwa semut adalah hewan yang memiliki sifat yang keras dalam menjalani hidupnya.
Walaupun semut diberi tubuh yang kecil tapi banyak sekali tingkah lakunya yang memberikan inspirasi bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari khususnya berguna sekali dalam perkembangan IT di dunia seperti algoritma yang mengadopsi dari sifat koloni semut di kehidupan nyata.
Algoritma semut diperkenalkan oleh Moyson dan Manderick dan secara meluas dikembangkan oleh Marco Dorigo, merupakan teknik probabilistik untuk menyelesaikan masalah komputasi dengan menemukan jalur terbaik melalui grafik. Algoritma ini terinspirasi oleh perilaku semut dalam menemukan jalur dari koloninya menuju makanan.

Jadi, Kita dapat mempelajari sesuatu yang baik dari seekor binatang yang kecil tapi banyak sekali memberikan perilaku untuk kita tiru di kehidupan nyata, seperti Kita harus ulet dalam mencapai cita-cita dan setelah kita mendapatkan apa yang kita inginkan janganlah membuat kita menjadi sombong kepada orang lain seperti halnya yang dilakukan semut ketika ketemu temannya di jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar